Rabu, 03 September 2008

perjalanan ke PT PAL INDONESIA



Catatan Perjalanan KKL

26/06/2008

PAL

PT PAL (persero) merrupakan persero yang bergerak dibidang Kapal dan Non Kapal, pada tahun 1949 dahulu namanya Penataran angkatan laut yang tugasnya dahulu untuk memelihara kapal kapal perang, pada tanggal 15/ 04/ 1980 namanya berubah menjadi PAL ( Perusahaan Angkutan Laut) selain memelihara kapal kapal perang PT PAL Berkembang menjadi Pembuat Kapal, jenis kapal yang dikerjakan oleh PT PAL yaitu jenis kapal Curah, dan Kapal Perang.

Tugas Pokok PT PAL Yaitu antara lain:

  1. Membuat kapal
  2. Merawat kapal
  3. Non Kapal, Rekayasa Kapal serta obserch (pengilang lepas pantai)

PT PAL merupakan BUMN yang bekerja berdasarkan order (pesanan yang berasal dari Owner). Order yang dikerjakan PT PAL 95% berasal dari luar negeri dan sisanya sebanyak 5 % merupakan pesanan yang berasal dari dalam negeri.

PT PAL memiliki fasilitas DOK terapung dang DOK galian yang memiliki kedalaman kurang lebih 10 meter, dalam pengerjaan pemesanan PT PAL (Persero) mengerjakan dengan software Tribone, harga sebuah kapal ditentukan berdasarkan mesin yang digunakan oleh kapal yang di pesan oleh Owner.

Dalam pengerjaan sebuah kapal biasanya disesuaikan dengan ukuran atau daya angkut sebuah krain, dimana krain tersebut berfungsi sebagai alat untuk mengangkat sebuah potongan (Blok) kapal ketika melakukan proses penyatuan bagian / blok kapal yang biasa disebut dengan Integrated Blok Sistem, PT PAL (Persero) memiliki sebuah mascot yang diberikan nama Star Fifty, Dimana kapal ini telah lulus uji ketika melalui Terusan Panama, kapal ini memiliki bobot mati 50000 ton, kapal ini seharga 40 juta dollar AS, pada saat sekarang ini PT PAL mendapat Pesanan yang berasal dari Jerman yaitu sebuah Chemical Tanker yang menggunakan plat Super Duplex, dimana plat ini sangat mudah bereaksi kimia sehingga untuk menghilangkan reaksi kimia tersebut cukup di usap dengan acetone.

Jawaban Pertanyaan

  1. PT PAL dapat maju disebabkan PT PAL mendisiplinkan karyawan (Tepat Waktu) dengan mengirim karyawan keluar negeri sehingga budaya disiplin mereka dapat berubah sesuai dengan Negara tempat mereka belajar. Selain itu PT PAL saat ada tender oleh owner maka PT PAL berani untuk mencoba mendesaian terlebih dahulu kapal yang di inginkan oleh Owner.
  2. Pesanan PT PAL lebih banyak berasal dari luar negeri disebabkan oleh masalah keuangan dimana kontraktor luar negeri memberikan kredit kepada pihak dalam negeri tetapi dengan syarat dan ketentuan tertentu.
  3. Kelas kelas kapal berdasarkan Owner antara lain BKI (Indonesia), NR, ADS (Jepang), NK, WLT (Amerika Serikat)
  4. Perbaikan Kapal yang banyak dilakukan oleh PT PAL yaitu Painting dan penggantian Plat Lambung Kapal yang telah rusak dimana perbaikan dilakukan di Floating dock dan Graving dock, dimana graving dock yang dimiliki (Dock irian) memiliki kedalaman 12 meter dan (Dock Semarang) yang memiliki kedalaman 10 meter dengan panjang 300 m.
  5. Perbaikan untuk kapal perang yang dimiliki Indonesia melakukan perbaikan mesin setiap 5 tahun sekali dengan test band machine diesel.
  6. Untuk Limbah perbaikan maupun pembuatan kapal biasanya ada yang mengambil dan bahkan menjadi rebutan .
  7. Untuk sebuah Negara maritime setidaknya harus memiliki 8 kapal perang ukuran sedang dan kapal perang ukuran kecil puluhan, kapal perang yang cocok di Indonesia memang berukuran sedang dan kecil yang disebabkan oleh kondisi geomorfologi laut di Indonesia yang relative dangkal. Untuk tambahan Indonesia hanya memiliki 2 unit kapal selam yang beroperasi.
  8. Standart pekerja di PT PAL kebanyakan lulusan S1 dengan kesejahteraan tunjangan istri dan tunjangan 3 orang anak, untuk standart keselamatan diperbarui setiap 3 tahun sekali.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

maaph ya bro,,,
sekedar mengoreksi ajah...
biar pembaca blog lu gak salah dapet info...

"Kelas kelas kapal berdasarkan Owner antara lain BKI (Indonesia), NR, ADS (Jepang), NK, WLT (Amerika Serikat)"

kalo menurut gw kalimat lu tuh kurang bener...
kalo menurut gw..
yg bener :
"kelas kelas kapal berdasarkan negara dimana owner kapal mendaftarkan kapalnya untuk mendapatkan sertifikat dari suatu kelas di suatu negara..."

koreksi ajah...
macam2nya...:
BKI = Biro Klasifikasi Indonesia
LR (bukan "NR") = Lloyd's Register (Inggris)
ABS (bukan ADS) = American Bureau of Shipping (punya Amerika,, bukan Jepang)
NK = Nippon Kaiji Kyokai (Jepang)
n gak ada yg namana "WLT" bro...

gw tau banyak coz, gw kul di Teknik Perkapalan ITS SBY...
nama gw detya..
taon lalu anak perkapalan UnDip khan maen2 ke kampus gw..
buat ikut pelatihan tender disini...

taon ini acaranya ada lagi lho bro...
dateng yap!!
ada HIMITEKINDO juga lho..!!

Catatan mengatakan...

sama sama bro atas informasinya kapan kapan gue maen ke surabaya deh, lam kenal ya

Anonim mengatakan...

Merkur Review: Merkur Gold Edition by Merkur - XN
Merkur Gold Edition by Merkur, 바카라사이트 the 인카지노 brand new design, is fully adjustable and has a beautiful chrome finish. Its high-performance components have a nice,  Rating: 4 메리트 카지노 주소 · ‎Review by XN